YuHa Informasi

Main ke Pantai Matang Rayeuk, yuk!

Beberapa hal yang harus diketahui tentang pantai Matang Rayeuk
Mengenal Pantai Matang Rayeuk

Siapa disini yang belum mengenal pantai Matang Rayeuk? Pantai ini berlokasi di Aceh, lebih tepatnya di Aceh Timur. Sekitar tahun 2021 lalu, pantai ini diresmikan sebagai salah satu destinasi wisata Aceh Timur. Salah satu hal yang menjadikan pantai ini diresmikan karena jumlah pengunjung yang fantastik.

Selain itu, pantai ini bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar dalam meningkatkan perekonomian. Warga setempat bisa berjualan seperti makanan. Jadi, pengunjung bisa menikmati keindahan pantai dan penjual mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sebelum Yuhers ke pantai Matang Rayeuk, perlu mengetahui beberapa hal terkait pantai ini. Apa saja ya???

Lokasi Pantai Matang Rayeuk

Dimana Pantai Matang Rayeuk

Pantai Matang Rayeuk berlokasi di Idi Timur, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh. Lokasinya tidak jauh dari pemukiman warga. Jadi, bisa dipastikan Yuhers bisa kesini walaupun hanya bermodalkan Google Maps.

Lokasi pantai ini berada di antara wisata pantai Pelangi Cemara Indah dan pantai Pandawa-Peurelak. Kalau Yuhers ke pantai Matang Rayeuk, juga bisa sekalian berkunjung ke kedua pantai ini. Kalau ala-ala traveling, kan cocok banget ya! Sekali menyelam, minum air. Sekali mendayung, dua pulau tersampaikan. Hihi.

Tak hanya itu, akses kesini juga bisa dilalui dengan motor dan mobil. Jadi, kalau mau pergi bermain bersama keluarga atau teman, Yuhers ga perlu khawatir karena jalannya yang tidak sempit.

Harga Masuk Ramah di Kantong

Harga Murah

Biasanya, pantai yang sudah dijadikan destinasi wisata pasti akan dikenakan biaya masuk. Hal ini nantinya dijadikan sebagai dana perawatan seperti kebersihan dan penyediaan air bersih. Di area pantai Matang Rayeuk, sebelumnya, penjual harus membawa air bersih dari rumah masing-masing.

Untuk harga masuk ke pantai Matang Rayeuk terbilang cukup murah. Yuhers cukup membayar Rp5.000 saja per motor atau Rp10.000 per mobil, sudah bisa menikmati angin dan pemandangan luas pantai Matang Rayeuk.

Tidak mahal bukan? Ini harga untuk sekali masuk, bukan untuk 1 jam. Jadi, Yuhers, tidak perlu membawa uang yang banyak jika ingin menikmati pantai ini atau sekedar melepaskan penat. Kecuali, kalau Yuhers ingin menikmati makanan dan minum disana.

Ada Apa Saja di Pantai Matang Rayeuk

Apa Saja di Pantai Matang Rayeuk

Pastinya Yuhers kalau ke pantai Matang Rayeuk akan melihat view yang sangat luas dan indah. Ditambah, angin semilir yang menambah kenikmatan dan kesegaran dalam bersantai. Juga, disana disertai banyak tempat bersantai, seperti tempat duduk yang dirangkai dari bambu. Bisa digunakan sambil rebahan juga.

Tak hanya itu, ada juga meja dari bambu jika Yuhers ingin menikmati pantai sambil menyantap makanan atau jajanan yang ada di sekitar pantai Matang Rayeuk. Kemudian, tersedia hammock yang sudah dipasang sehingga bisa sambil rebahan dan bermain smartphone.

Terdapat beberapa gazebo disana. Jika Yuhers pergi bersama sanak keluarga, bisa memilih salah satu gazebo. Jadi, kalian tidak akan duduk berpisah. Tetap bisa menikmati angin pantai sambil bercengkrama bersama.

Yuhers tidak perlu khawatir untuk penyediaan kamar mandi jika dibutuhkan untuk bersih-bersih setelah bermain. Disana sudah disediakan kamar mandi yang bisa digunakan untuk berganti pakaian, bersih-bersih, dan untuk keperluan buang air kecil serta besar.

Selain itu, di pantai Matang Rayeuk juga tersedia motor ATV. Ini dikenakan biaya Rp20.000 untuk 10 menit. Namun, jika Yuhers ingin menikmati lebih lama dan murah, bisa mengambil paket setengah jam atau 30 menit, dengan biaya Rp50.000.

Harus Waspada Meski Pantai Indah

Hati-hati di Pantai Matang Rayeuk

Meskipun beberapa orang ada yang membolehkan untuk bermain air di pantai Matang Rayeuk. Sisterformasi menyarankan Yuhers untuk bermain air di pinggiran saja. Dikarenakan ombak di pantai Matang Rayeuk terkadang sedikit kuat. Khawatir kalau bermain terlalu jauh dari bibir pantai, bisa terbawa arus ombak laut.

Apalagi kalau bermain bersama anak kecil. Hati-hati sekali karena kalau terbawa arus akan lebih susah diselamatkan. Sebaiknya kalau anak sangat ingin bermain air, Yuhers harus menemani dan hanya di pinggiran saja. Dan, hanya sebentar, sekedar merasakan air laut yang ada di bibir pantai.

Jadi, kalau bermain air di pantai Matang Rayeuk, hati-hati ya Yuhers! Walaupun sedang bersantai atau dengan maksud bermain, tetap keselamatan nomor satu.

Waktu Tepat Berkunjung Pantai Matang Rayeuk

Waktu ke Pantai Matang Rayeuk

Nah, kalau Yuhers mau main ke pantai Matang Rayeuk. Kalau Sisterformasi sarankan jangan di waktu weekend. Akan banyak sekali pengunjung disana yang berkunjung.

Untuk jumlah pengunjung di hari Sabtu dan Minggu bisa sampai ribuan pengunjung. Banyak ya! Kalau terlalu ramai akan sulit untuk bersantai dan menikmati angin pantai. Kan namanya bersantai, jadi pasti dong kita butuhnya tempat yang tenang dan tidak terlalu berisik.

Jadi, jika ingin ke pantai Matang Rayeuk, bisa Yuhers kesana di sore hari setelah pulang kerja atau melakukan aktivitas lain. Dari pagi sampai siang sudah beraktivitas, di sore hari beristirahat dengan bermain ke pantai Matang Rayeuk.

Sesuai Aturan dan Hargai Budaya Sekitar

Aturan dan Budaya Sekitar

Walaupun pengunjung yang bermain kesini terbilang beragam, tentu Yuhers tetap harus menjaga adab dalam berpakaian. Bagi Yuhers yang non-muslim, alangkah lebih baik tidak menggunakan pakaian yang terbuka karena pantai Matang Rayeuk dikelilingi oleh masyarakat yang mayoritas beragam Islam. Dan, Aceh Timur juga menerapkan wisata pantai Matang Rayeuk yang syariah.

Jadi, untuk yang non-muslim, silahkan menggunakan pakaian yang sopan dan tertutup. Hal ini untuk menghormati peraturan yang diterapkan disana.

Meskipun tempat bermain terbuka, sangat diharapkan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Agar pantai Matang Rayeuk tetap terjaga kebersihannya. Kalau pantainya bersih, Yuhers juga yang pasti senang, bukan? Jadi, sebelum meninggalkan area pantai, pastikan sampah sudah dibuang ke tempat sampah yang tersedia ya.


Hal-hal di atas adalah beberapa informasi yang Sisterformasi dapatkan dari beberapa sumber. Atau, mungkin ada salah satu dari Yuhers orang asli Aceh Timur atau tinggal dekat pantai Matang Rayeuk. Boleh banget kalau ada informasi tambahan, bisa colek Sisterformasi di kolom komentar ya.



2 komentar

  1. Aceh banyak wisata pantai ternyta ya mba,,murah-murah lagi htm nya. Jd pngen kesana.

    BalasHapus
  2. Selalu suka untuk mengunjungi wisata pantai

    BalasHapus