YuHa Informasi

Preksu Jogja si Jago Makanan Geprek

Kalau ke Jogja, jangan lupa makan di Preksu.
Kalau yang udah pernah ke Jogja atau warga asli Jogja, pasti tidak asing dengan rumah makan satu ini. Preksu, andalan para mahasiswa jika lapar melanda. Harga Preksu juga tergolong nyaman di kantong, ditambah lagi nasi bebas refill tanpa biaya tambahan.

Sudah banyak cabang Preksu di Jogja. Bagi mahasiswa UNY dan UGM pasti sudah tahu dua lokasi yang berada dekat kedua kampus ini. Ada di jalan Colombo, lebih tepatnya depan kampus UNY, dan di jalan Deresan, yaitu jalan di belakang UNY.

Ada Menu Apa Saja?

Daftar Menu Preksu

Pastinya menu utama adalah ayam goreng crispy. Ada sayap, paha, dada, paha bawah, dan kulit. Yuhers kalau mau beli, bebas mau memilih yang mana. Dimulai dari Rp12.000,0 saja.

Untuk ayam geprek sendiri, bisa request mau diberi berapa cabe. Bisa satu, dua, tiga, empat, atau sembilan. Bahkan, kalau mau cabe setengah juga bisa, misalnya Yuhers hanya mau dengan ada sedikit rasa cabai tanpa terasa kepedasan. Ayam goreng crispy sering menjadi incaran utama para pelanggan.

Selain ayam, disini juga tersedia cumi crispy, terong crispy, jamur crispy, tahu crispy, dan tempe crispy. Kalau mau selain menu crispy, Yuhers bisa pesan mendoan, nugget, atau telor dadar. Dimulai dari Rp5.000,00 saja.

Jika Yuhers tipe yang tidak sah makan kalau tidak ada sayur, tenang saja. Disini juga tersedia cha kangkung dan cha jamur. Untuk varian nasi, ada nasi putih biasa dan nasi uduk. Namun, jika Yuhers datang di pagi hari, biasanya nasi uduk belum ada.

Tidak ingin hanya makan nasi dengan lauk pauknya? Bisa tambah toping biar makin selera. Tersedia pilihan kremesan, bakar spesial, bakar BBQ, hot spicy, bakar mentai, saus keju, mozarella, dan mix moza. Untuk toping, sepantauan Sisterformasi, varian keju yang paling favorit.

Bagi yang suka pedas, tapi ga mau kepedasan, bisa pesan varian minuman susu. Mau yang dingin atau panas, semuanya ada. Varian susu yang bisa Yuhers pilih, ada susu murni, susu coklat, susu cookies, susu strawberi, susu taro, susu coffe, susu vanilla, susu mocha, dan susu yakult.

Maunya selain susu? Yuhers bisa banget pesan minuman teh, jeruk, atau lemon tea. Sama seperti varian susu, tersedia dengan dingin atau panas. Yuhers bisa pesan sesuai selera. Ohiya, kalau mau air putih, Preksu menyediakan minuman air botol.

Disana Bisa Ngapain Aja?

Bagian Dalam Preksu

Ke Preksu pasti cuman mau makan. Yakin? Ga mau memanfaatkan kebersamaan bersama teman-teman atau keluarga?

Walaupun tempatnya tidak tertutup, maksudnya bukan ruangan ber-AC, namun Yuhers bisa melakukan kegiatan seperti ngobrol disana. Ya, sedikit ramai karena banyak pelanggan yang menyantap dan menghabiskan waktu disana sambil ngobrol. Akan tetapi, hal ini tidak membuat Yuhers terganggu jika berbicara.

Tempat yang tidak tertutup, tapi tetap masih terlindungi oleh atap yang didesain dengan baik, bisa menciptakan kenyaman menyantap makanan sambil ngobrol. Bisa dikatakan, bangunannya seperti semi outdoor yaaa!

Meja yang disediakan untuk Yuhers makan juga tergolong cukup luas. Jadi, kalau nongkrong bareng teman atau sekedar untuk mengerjakan tugas bersama sambil makan siang, cocok banget Preksu dijadikan sebagai pilihan.

Kalau Yuhers ke Preksu yang di jalan Colombo, Yuhers bisa memilih tempat duduk lesehan. Jadi, setelah makan, bisa bersandar di dinding sebentar. Menunggu perut siap diajak bergerak ke kegiatan selanjutnya sehabis makan, hihi.

Yuhers biasanya terganggu dengan alunan musik yang kencang jika makan di rumah makan? Wah, tenang saja! Di Preksu tidak ada putaran alunan musik. Jadi, ngobrol tetap nyaman ya di Preksu.

Bagaimana Pelayanan di Preksu?

Bagaimana Pelayanan di Preksu

Walaupun ramai pelanggan, Preksu tetap memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pelanggan yang datang dan menikmati sajian. Dalam memesan makanan, pelanggan diberi kebebasan memilih sendiri dengan meletakkan menu pada piring yang sudah disediakan. Setelah memilih, selanjutnya pelanggan dipersilahkan untuk membayar terlebih dahulu, baru kemudian makan.

Kalau Yuhers sebagai pelanggan di Preksu, setelah memilih makanan dan ingin ayam, tempe, terong, jamur, atau tahu crispy yang dipilih ingin digeprek, maka beritahu pelayan yang bertugas melakukan geprek makanan. Nanti akan ditanyakan mau menggunakan berapa cabai.

Ketika membayar, jangan lupa beritahu minuman apa yang hendak dipesan. Untuk nasi, Yuhers bebas mengambilnya kapan, apakah sebelum membayar atau sesudah. Tidak ada keharusan kapan sebaiknya diambil. Jangan lupa, kalau Yuhers ingin nasi uduk, bisa cek pada kedua termos nasi yang tersedia.

Ohiya, meskipun ramai pelanggan, Preksu selalu mengutamakan pelanggan selanjutnya duduk di meja yang bersih. Jadi, kalau dilihat sudah tidak ada lagi pelanggan dan makanan serta minuman, semuanya sudah habis, maka tim bersih-bersih akan langsung membersihkan meja. Tidak hanya itu, mereka juga memastikan tidak ada sampah tersisa. Jadi, pelanggan selanjutnya akan mudah memilih meja yang hendak ditempati.

Semua pelayan di Preksu diwajibkan harus ramah ke semua pelanggan. Tidak peduli muda atau tua, mahasiswa ataupun pekerja. Jangan pelayan yang bekerja di dalam, tukang parkirnya saja diwajibkan untuk ramah. Jadi, kalau Yuhers ke Preksu, bisa dipastikan si ga bakal ketemu tuh sama tukang parkir galak.

Apa yang Spesial di Preksu?

Preksu Gratis

Masya Allah ini mah, kayaknya Preksu sekalian sedekah deh. Berbagi bersama dengan pelanggan setia. Setiap hari Senin dan Kamis, bagi yang berpuasa sunnah Senin dan Kamis bisa mengambil makanan gratis jika masih tersedia.

Mereka membuka pelayanan untuk mengambil makanan gratis ini mulai pukul 16.30 WIB. Hanya bermodal jujur, pelanggan bisa menerima makanan gratis untuk berbuka.

Masya Allah, tidak hanya itu. Jika pada hari Jumat pelanggan sudah membaca surat Al-Kahfi bisa mendapatkan makanan gratis jika masih tersedia. Lagi-lagi, hanya bermodalkan jujur, pelanggan bisa langsung memberitahu salah satu pelayan kalau dirinya sudah membaca surat Al-Kahfi.

Hal ini dilakukan tak lebih adalah untuk mencari keberkahan lewat berbagi. Sekaligus, diniatkan untuk ladang pahala. Pelanggan senang, pihak Preksu pun senang karena bisa memanen pahala lewat berbagi.

Kalau di Jogja, Preksu Ada Dimana?

Bangunan Preksu di Pandega Martha

Untuk sekarang ini Preksu tersedia lima cabang di Jogja. Dua diantaranya dekat dengan kampus UNY dan UGM. Hal ini juga yang menjadikan di kedua cabang ini ramai didatangi para mahasiswa. Kalau Yuhers ke dua lokasi ini, pasti akan menjumpai mahasiswa dengan tas yang berisi laptop dan buku, hihi. Fyi, dua lokasi ini yang sering banget menjadi inacaran mahasiswa.

Kalau Yuhers mau ke Preksu, Sisterformasi sarankan bisa menggunakan Google Maps. Ketika “Preksu” atau “Ayam Geprek Preksu” dan pilih lokasi terdekat dengan Yuhers. Tenang saja kalau soal parkiran, Preksu menyediakan dengan lumayan luas.


Gimana? Jadi pingin coba ga makanan di Preksu? Harga Preksu juga ramah di kantong. Kalau Sisterformasi bilang si, rugi banget kalau ga coba makan di Preksu.


1 komentar

  1. Preksu itu sesuatuh, geprek geprek yang beda sama yg disana dan disitu :)

    BalasHapus