YuHa Informasi

YuHa Informasi Pasang TLD?

TLD atau Top Level Domain adalah domain yang digunakan di akhir sebuah link website. Nah, Yuhers pasti tahu ya, kalau setiap website, pasti, di akhirnya ada tulisan .com, .id, .or.id, atau .ac.id. Semua itu adalah domain.

Domain ini berfungsi menunjukkan sebuah identitas dari website. Kalau .com sudah mendunia. Banyak sekali brand-brand profesional menggunakan .com. Satu lagi domain yang sering digunakan adalah .id. 

Lalu, kalau YuHa Informasi pakai domain apa sih? Kalau Yuhers jeli, pasti dong tahu YuHa Informasi pakai domain apa??? Yuhuuu, .web.id.

Pengalaman Memasang TLD

Pengalaman Memasang TLD

Kalau Yuhers membaca atau mendengar pengalaman para blogger ketika memasang TLD, pasti beragam. Entah yang harus nunggu TLD-nya terpasang setelah 24 jam. Ada yang sudah tertanda "aktif," tapi ketika blog-nya dibuka oleh pembaca, malah error. Ada juga yang harus membuka pada device lain, baru muncul.

Kalau Sisterformasi, pengalaman yang dialami selama pemasangan domain pada YuHa Informasi ada beragam. Mulai dari isi manual beberapa informasi yang harus dicantumkan. Sisterformasi juga mencari cara memasang TLD di Youtube sebagai panduan tambahan.

Bahkan, Sisterformasi sampai menghubungi CS untuk mengatasi masalahnya. Ohiya, fyi, Sisterformasi beli domain di Domainesia ya. Murah banget disini....!!!!

Sisterformasi mengalami juga hal lain, yaitu ketika dibuka atau tulisan "not secure." Waduh! Apa itu??? Apakah YuHa Informasi dianggap berbahaya???

Untungnya, ternyata tidak, Yuhers. CS Domainesia membantu Sisterformasi mengatasi masalah ini. Setelah dicek informasi TLD sudah aktif dan terpasang pada blog, Sisterformasi masih mengalami hal yang sama. Kemudian, CS memberi solusi lain, yaitu dengan clear cache Google Chrome yang digunakan. 

Iseng, coba buka link YuHa Informasi pada device lain. Dan, ternyata bisa. Wah! Bener nih! Google Chrome yang Sisterformasi gunakan sebelumnya harus clear cache. Hihi.

Tidak lama menunggu, Sisterformasi hanya menghabiskan waktu kurang lebih 30 menit. Waktu ini sudah termasuk pembelian TLD, mengisi informasi yang diperlukan, mencoba link, menghubungi CS, hingga solusi terpecahkan. Ini termasuk juga Sisterformasi melakukan aktivitas lain untuk meredakan panik, haha. 

Kenapa Pilih Domain .web.id? 

Pakai Domain yang Dipilih

Yuhers pasti tahu ya, kalau masing-masing domain punya fungsinya tersendiri. Jadi, kita tidak bisa sembarang menggunakan sebagai domain blog. Harus tahu dulu, apakah domain yang dimaksud sesuai dengan blog? Secara singkat, Sisterformasi kasih tahu beberapa domain dengan fungsinya ya! 

  1. .com : bisa digunakan untuk keperluan komersil
  2. .org : digunakan untuk keperluan organisasi
  3. .net : digunakan untuk keperluan internet atau Network
  4. .info : digunakan untuk keperluan penyajian informasi
  5. .edu : digunakan untuk keperluan pendidikan 
  6. .gov : digunakan untuk keperluan pemerintahan
  7. .ac.id : digunakan untuk akademik atau perguruan tinggi
  8. .sch.id : digunakan untuk sekolah
  9. .web.id : digunakan untuk keperluan personal atau organisasi
  10. .id : digunakan untuk domain Indonesia

Dari sekian domain yang tersedia, Sisterformasi memilih  .web.id sebagian pilihan. Hal ini dikarenakan fungsinya yang bisa digunakan untuk kebutuhan personal dan organsasi. 

Kemudian, harganya juga lebih murah dari yang lain. Jadi, sangat menghemat kantong yaa... Juga,  .web.id, kalau dari kacamata Sisterformasi, ga kalah kece dengan domain lain. Jadi, ya, pilihan hari Sisterformasi jatuh pada  .web.id.

Apa yang Dirasakan Setelah Terpasang TLD?

Yang Dirasakan Pakai TLD

Pastinya senang banget! Karena ini juga menjadi salah satu rencana baik bagi YuHa Informasi agar terlihat lebih profesional.

Senang banget karena bisa mempermudah Yuhers untuk mengingat YuHa Informasi. Jadi, kalau mau ngetik link-nya, lebih ringkas.

Kalau sudah terpasang TLD seperti ini, rasanya Sisterformasi punya YuHa Informasi yang udah gede banget. Punya Yuhers yang jauh lebih banyak.

Namun, kalau sudah terpasang TLD, Sisterformasi harus meningkatkan performa nih. Harus lebih melatih diri untuk menulis dan menyajikan informasi dengan sajian yang bagus. Tidak membosankan, tapi bisa memberi informasi dengan baik.

Sisterformasi juga harus lebih belajar desain, agar gambar yang ditampilkan lebih ciamik. Kalau sudah ciamik, kan Yuhers juga yang senang ya. Enak banget dipandang mata. Yuhers makin betah bacanya. Hihi.

Bukan berarti kalau YuHa Informasi tidak terpasang TLD, Sisterformasi tidak meningkatkan performa ya. Namun, ini bisa menjadi salah satu dorongan untuk Sisterformasi agar lebih meningkatkan kualitas tulisan di YuHa Informasi.

Harapan Penggunaan TLD

Harapan Menggunakan TLD

Harapan dari Sisterformasi, ini bisa menjadi salah satu penyebab menjaring lebih banyak Yuhers atau pembaca. Sisterformasi menyajikan informasi terkait jalan-jalan dan makan minum. Harapannya, semakin banyak Yuhers yang mampir dan menikmati hasil tulisan Sisterformasi.

Juga, semoga bisa menjadi salah satu penyebab YuHa Informasi diajak kolaborasi dengan klien-klien yang membutuhkan. Sisterformasi sangat berharap bisa membantu yang lain untuk mempromosikan lokasi atau hal yang berkaitan dengan niche YuHa Informasi. 

Yuhers Jangan Ragu Pasang TLD

Pasang TLD

Kalau Yuhers punya blog, jangan ragu buat pasang TLD. Ini bisa menjadi salah satu daya tarik blog Yuhers dilirik oleh pembaca. Juga, bisa menarik perhatian brand-brand atau klien untuk mengajak kolaborasi. 
Kalau Yuhers pingin yang murah, bisa ikuti jejak Sisterformasi nih. Pakai .web.id sebagai pilihan untuk link blog kamu. Namun, kalau mau yang, ya mau langsung yang high gitu. Bisa memasang .com atau .id.

Jadi, udah tahu kan Top Level Domain adalah apa? Dan, dari pengalaman Sisterformasi dan perasaan setelah memasang, pasti Yuhers sudah tahu kan ya setelah membaca tulisan ini. Kalau masih ragu, yuk, dibaca ulang tulisan ini. Hihi. 

3 komentar

  1. Baru tau klo domainesia murah untuk beli TLD, cs nya ternyta juga cepat tanggap yah, mksih info nya ,,

    BalasHapus
  2. Semangat ngeblog kak setelah tld ya

    BalasHapus
  3. Makin semangat lagi ngeblognya yaa mbaak

    BalasHapus