YuHa Informasi

5 Pantai di Banda Aceh dan Aceh Besar Wajib Kamu Ketahui

Kenali 5 pantai di Banda Aceh dan Aceh Besar.
Pantai emang selalu menjadi incaran bagi para traveller. Pemandangannya yang indah dan bermain air di pinggiran pantai selalu menciptakan keseruan. Apalagi pergi bareng keluarga dan teman.

Banda Aceh adalah salah satu kota yang sering dibicarakan akan kekayaan wisata pantai. Jika weekend, pantai di Banda Aceh selalu ramai oleh pengunjung. Di sisi lain, menempuh sekitar 20 menit perjalanan, terdapat kabupaten Aceh Besar yang tak kalah dengan keindahan pantainya.

Tak hanya itu, pedagang jajanan keliling juga tak kalah meramaikan. Jadi, pengunjung bisa menikmati keindahan pantai sambil menikmati jajanan yang ada.

Ohiya, Sisterformasi belum ngasih tau ya pantai apa saja yang ada di Banda Aceh dan Aceh Besar. Oke deh, Sisterformasi kasih tahu nih ada pantai apa saja di kedua lokasi ini.

Pantai Lampuuk

Gambar Pantai Lampuuk

Di kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, terdapat satu pantai yang sering dijadikan objek wisata. Pantai Lampuuk, dengan lokasinya yang strategis, sekitar 17 km atau 27 menit dari Banda Aceh jika menggunakan kendaraan, bukan yang bus ya...

Untuk ke pantai ini, Yuhers hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp3.000,00 sebagai biaya tiket masuk dan Rp2.000,00 untuk parkir jika menggunakan motor atau Rp5.000,00 parkir mobil.

Disini terdapat wahana yang bisa Yuhers coba, yaitu banana boat, jet ski, dan snorkeling. Tak jarang juga, karena pemandangan sunset disini cukup indah, banyak para pengunjung yang menjadikan sebagai tempat berfoto.

Disertai juga kulineran yang bisa Yuhers beli, khususnya seafood. Ada ikan bawal, ikan rambe, ikan kerapu, udang, dan cumi. Tersedia juga penginapan jika Yuhers mau menginap atau bermalaman disana. Jadi, kalau mau melihat sunrise di Pantai Lampuuk, Yuhers bisa menginap di sana.

Pantai Ulee Lheue

Gambar Pantai Ulee Lheue

Pantai satu ini sering dijadikan tempat nongkrong berbagai kalangan, mulai dari anak muda hingga orang dewasa. Di sekeliling pantai juga terdapat banyak sekali pedagang jajanan yang siap dibeli dan disantap sambil menikmati pemandangan. Tak hanya itu, sunset yang sangat indah, tentu menjadikan pantai ini incaran nongkrong di sore hari.

Lokasi Pantai Ulee Lheue sangat strategis, Yuhers hanya perlu menghabiskan waktu sekitar 15 menit dari pusat kota Banda Aceh. Memiliki jarak dari pusat kota sekitar 20 kilometer dan bisa diakses semua kendaraan, baik motor, mobil, bahkan bus.

Jika Yuhers ingin mengintip sedikit tampang Pulau Sabang, bisa dilihat dari pantai satu ini. Maka dari itu, ini juga menjadi salah satu alasan kenapa ramai pengunjung datang kesini.

Waktu bermain ke pantai ini, bisa dilakukan mulai dari pukul 06.00 sampai dengan 18.00 WIB. Untuk biaya masuk, tidak perlu khawatir karena di pantai satu ini Yuhers hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp2.000,00 untuk biaya parkir, jika menggunakan motor.

Pantai Lhok Mee

Gambar Pantai Lhok Mee

Pantai Pasir Putih Lhok Mee, berlokasi 40 km dari kota Banda Aceh. Lebih tepatnya, lokasi pantai ini berada di Aceh Besar. Yuhers bisa menggunakan motor atau mobil kesini. Akses jalannya sangat memadai karena beraspal dan mudah ditempuh.

Pasir pada pantai satu ini merupakan pasir putih. Pemandangan disini juga sangat indah, terdapat pohon yang semakin membuat menarik. Ombaknya yang tidak besar, jadi aman jika bermain di pinggiran pantai. Namun, tetap berhati-hati karena terdapat banyak karang.

Untuk harga masuk kesini, hanya dikenakan Rp5.000,00 dan sudah termasuk harga parkir. Tidak perlu khawatir jika ingin menikmati keindahan pantai sambil makan atau minum, namun lupa membawanya dari rumah. Disana terdapat banyak sekali pedagang makanan dan minuman.

Tidak hanya bermain pasir atau air di pinggiran pantai, Yuhers bisa melakukan perkemahan juga. Namun, sebelumnya itu, jangan lupa izin dulu kepada penjaga wisata. Ketika berkemah, Yuhers tidak boleh membuang sampah sembarangan yaaa.

Pantai Lhok Mata Ie

Gambar Pantai Lhok Mata Ie

Berbeda dengan pantai lainnya, Pantai Lhok Mata Ie memiliki keunikan tersendiri. Pantai ini berlokasi di balik pegunungan, membuat para pengunjung harus memarkirkan kendaraan di rumah warga yang sudah dijadikan tempat parkir.

Harga untuk parkir dikenakan Rp5.000,00. Setelah memarkir, pengunjung harus berjalan menuju pantai ini. Meskipun berada di balik pegunungan, akses yang dilalui sudah disiapkan dengan baik. Jadi, tidak perlu khawatir meski harus berjalan ke pantai dari tempat parkir.

Lokasinya di Aceh Besar, sekitar 17 km dari pusat kota Banda Aceh. Jika Yuhers menggunakan motor, mungkin akan membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke lokasi ini.

Dikarenakan terdapat banyak pepohonan di sekitar pantai, tak jarang, para pengunjung membawa hammock dan mengikatnya pada dua pohon. Nantinya, digunakan sebagai tempat rebahan santai sambil menikmati keindahan pantai.

Lokasi di balik pegunungan, menjadikan alasan bagi warga sekitar untuk mendampingi pengunjung yang perempuan. Maka dari itu, jika pengunjung perempuan wajib melapor dengan warga sekitar.

Pantai Alue Naga

Gambar Pantai Alue Naga

Pantai Alue Naga berlokasi dekat sekali dengan pusat kota Banda Aceh. Tepatnya, Yuhers hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 10 km dari pusat kota. Tak hanya itu, lokasinya juga berdekat dengan kampus Universitas Syiah Kuala dan UIN Ar-Raniry.

Dikarenakan berdekatan dengan kampus, maka tak jarang tempat wisata satu ini sering dijadikan sebagai tempat melepaskan penat para mahasiswa. Setelah lelah belajar, bisa mampir kesini sambil menikmati angin semilir pantai.

Untuk harga parkir, hanya dikenakan Rp3.000 per motor dan Rp5.000 jika menggunakan mobil. Tidak perlu khawatir jika lupa membawa kudapan karena banyak sekali pedagang yang siap memberikan kamu makanan dan minuman. Asalkan, dibayar ya….

Selain menikmati keindahan pantai, objek wisata satu ini juga sering dijadikan sebagai tempat olahraga oleh para pengunjung, seperti bola voli, sepak bola, dan latihan fisik lainnya. Seru juga ya!

Penamaan Alue Naga sendiri, terdiri dari Alue yang artinya muara dan Naga yang berarti naga seperti cerita-cerita pada umumnya. Pantai ini memang menjadi tempat bertemunya air sungai , Sungai Lamnyong, dan air laut. Konon katanya, muara ini dulunya berbentuk seperti naga, maka dari itu dinamakan Alue Naga.


Itulah 5 pantai yang ada di Banda Aceh dan Aceh Besar. Kalau Yuhers ke dua tempat ini, wajib banget ke salah satu pantai yang Sisterformasi sebutkan di atas. Atau, mau main ke semua pantainya? Boleh pake banget!

Referensi:

Traveloka.com. 04 Juli 2024. Pantai Lampuuk di Aceh: Lokasi, Jam Buka, Harga Tiket Masuk, dan Daya Tariknya. Diakses pada 16 September 2024, dari https://www.traveloka.com/id-id/explore/destination/pantai-lampuuk-acc/378760

Kumparan.com. 06 Mei 2024. Pantai Ulee Lheue: Pantai Indah dengan Ombak Ramah di Aceh. Diakses pada 15 September 2024, dari https://kumparan.com/jendela-dunia/pantai-ulee-lheue-pantai-indah-dengan-ombak-ramah-di-aceh-22gZbv9QNOt/full

Readers.id. 16 Agustus 2023. Jelajah Pasir Putih (Pantai Lhok Me) di Akhir Pekan. Diakses pada 15 September 2024, dari https://www.readers.id/read/jelajah-pasir-putih-pantao-lhok-mee-di-akhir-pekan/index.html

Rmolaceh.id. 16 Juli 2022. Lhok Mata Ie, Surga Tersembunyi di Balik Pegunungan Aceh Besar. Diakses pada 15 September 2024, dari https://www.rmolaceh.id/lhok-mata-ie-surga-tersembunyi-dibalik-pegunungan-aceh-besar

Infopublik.id. 14 Maret 2023. Lhok Mata Ie, Menikmati Sunset Dengan Pesona Keindahan Laut yang Menakjubkan. Diakses pada 15 September 2024, dari https://infopublik.id/kategori/nusantara/721941/lhok-mata-ie-menikmati-sunset-dengan-pesona-keindahan-laut-yang-menakjubkan

Posaceh.com. 13 Januari 2024. Pantai Alue Naga Jadi Tempat Refreshing Bagi Mahasiswa dan Masyarakat. Diakses pada 15 September 2024, dari https://posaceh.com/pantai-alue-naga-jadi-tempat-refreshing-bagi-mahasiswa-dan-masyarakat/

Posting Komentar