YuHa Informasi

YuHa Informasi dan Canva

Berbagi pengalaman belajar Canva bersama Hamimehan di Blogspedia Coaching dan menggunakan Canva
Wah, tak terasa sudah sebulan YuHa Informasi berbagi informasi kepada Yuhers. Seneng, deh! Kalau Yuhers gimana? Apakah senang juga?

Nah, kali ini Sisterformasi bukan berbagi tentang kuliner atau travelling. Namun, Sisterformasi akan berbagi pengalaman menggunakan Canva. Pasti pada tahu ya ap aitu Canva? Aplikasi yang biasanya digunakan buat edit foto dan video itu, lho!

Gimana Awalnya Tahu Canva

Tahu Canva


Ini berawal ketika teman Sisterformasi mengedit sebuah poster. Dia edit menggunakan Canva. Sisterformasi melihat ini menjadi tertarik karena bisa dilakukan dengan sangat mudah dan dapat diakses secara online. Jadi, ga perlu ribet harus mengunduh aplikasinya di pc.

Kemudian, saat memutuskan membuka jasa terjemahan bersama teman se kampus. Ternyata dia juga paham edit dengan Canva dan menyarankan membuat poster dengan media satu ini. Mudah sekali. Hanya perlu mencari template yang sesuai dengan tujuan atau bisa mengedit sendiri.

Tak perlu khawatir dengan elemen sebagai memperindah desain. Di Canva terdapat banyak sekali elemen yang bisa dipilih sesuai tujuan. Disertai juga berbagai jenis font tulisan yang bisa disesuaikan dengan tema desain.

Sering Menggunakan Fitur Apa?



Pada Canva ada beragam fitur yang harus Yuhers kuasai jika ingin mengedit foto atau video. Sisterformasi termasuk yang pernah menggunakan semua fiturnya. Ya, karena Sisterformasi memang sering menenggelamkan diri di Canva.

Namun, ada yang paling sering Sisterformasi gunakan, yaitu template, elements, dan text. Ketiga hal ini bagi Sisterformasi adalah yang sangat harus ada di Canva dan tidak boleh hilang. Kenapa???

Pertama, template. Dengan fitur template kita bisa menemukan beragam desain pilihan yang sudah tersedia di Canva. Hanya perlu menyesuaikan saja isi pesan yang hadir pada desain. Jika pun ingin mengubah warna, juga bisa. Mungkin, ingin menyesuaikan dengan tema yang dimaksud.

Tidak hanya itu, melalui template yang tersedia, bisa menjadi inspirasi untuk menghadirkan ide desain. Bagaimana desain yang bagus sesuai dengan teman, bagaimana jenis font yang digunakan, dan elemen apa saja yang pas. Dari template tersebut, bisa dimodifikasi sesuai keinginan. Mungkin, merasa template pilihan akan lebih baik jika ditambahkan sesuatu.

Kalau elemen, Yuhers pasti tahu dong ini fungsinya sebagai apa. Kita bisa menambahkan gambar atau ornament yang diinginkan sesuai dengan persediaan di Canva. Untuk keywords elemen bisa diketik sesuai jenis elemen yang diinginkan. Namun, Yuhers perlu mengetahui keywords elemen jitu yang bisa langsung mengeluarkan elemen yang diinginkan.

Untuk bagian text, Sisterformasi sering menggunakan ini karena pada setiap desainnya pasti ditambahkan tulisan. Nah, di Canva Yuhers tidak perlu khawatir. Ada banyak sekali jenis font yang tersedia dan bisa dipilih sesuai keinginan. Sejauh ini, Sisterformasi suka banget dengan jenis font Jua. Tulisannya jelas dan lucu. Cocok banget buat desain yang ingin terlihat semi-formal.

Biasanya Menggunakan Keyword Apa?

Keyword Digunakan Pada Canva

Sisterformasi menggunakan beragam keyword untuk mengakses jenis template dan elemen yang ingin diterapkan. Kalau ingin desain dengan tema perkantoran, maka akan mencari dengan keyword yang berkaitan.

Sisterformasi beri contoh, deh. Misalnya desainnya, seperti yang Sisterformasi katakana sebelumnya, tema perkantoran. Nah, dalam mencari template, Yuhers bisa menggunakan keyword “kantor” atau ”office.” Nanti akan keluar beragam desain dengan keyword yang dimaksud.

Jika Yuhers ingin menambah elemen agar lebih estetik atau eye-catching. Misalnya, ingin menambahkan elemen orang menggunakan jas. Bisa mengetik “orang kantoran” atau “wearing uniform.” Nanti akan muncul puluhan gambar yang dimaksud. Simpel kan!

Jadi, untuk penggunaan keyword, Yuhers bisa menyesuaikan dengan maksud yang diinginkan. Sisterformasi sangat menyarankan Yuhers untuk mengikuti beberapa akun yang sering memberikan info tentang Canva di media sosial. Disana banyak sekali informasi, seperti keyword jitu yang bisa digunakan.

Canva, Hamimeha, dan Blogspedia Coaching

Belajar Dengan Hamimeha

Di kelas Blogspedia Coaching, Sisterformasi mendapat kesempatan untuk belajar bagaimana membuat infografis menggunakan Canva. Ternyata inforgrafis itu sangat menarik dan unik.

Infografis juga sangat bermanfaat bagi blog karena dapat meningkatkan performa dan daya Tarik pembaca. Infografis umumnya berisi kata-kata yang akan disampaikan kepada pembaca. Harapannya, kalau pada blog, ada informasi tambahan yang tidak dijabarkan pada tulisan, tetap diketahui oleh pembaca.

Jujur, Sisterformasi terkesima dengan penyampaian Coach Hamim pada Whatsapp Grup. Terlihat beliau sudah lihai membuat infografis. Menjawab setiap pertanyaan kami, para murid setia, dengan terstruktur dan jelas. Penjelasan dari beliau cukup jelas dan mudah dipahami.

Coach Hanim menyampaikan bahwa fungsi infografis disesuaikan saja dengan keperluan tulisan. Kemudian, tampilan inforgrafis, mau gambar atau tulisan, atau bahkan campuran keduanya, tergantung bagaimana keinginan si penulis.

Namun, tetap, jika Yuhers adalah penulis, buatlah dengan menjadikan diri sendiri sebagai orang lain. Maksudnya bagaimana? Begini. Jika Yuhers membuat infografis, pasti pembaca yang melihatnya merasa suka. Atau, minimal tidak membuat mata sakit. Dikarenakan harapan Yuhers sebagai penulis agar informasi tersampaikan kepada pembaca bisa terlaksana secara maksimal.

Sisterformasi sangat beruntung bisa mengikuti kelas Blogspedia Coaching Batch #5. Bisa mendapatkan banyak ilmu, tidak hanya berupa ilmu menulis, tetapi juga membuat infografis seperti ini. Terimakasih para coach dan Blogspedia. 😊

Yuhers Juga Harus Cobain Canva

Yuhers dan Canva

Sisterformasi sudah mencoba Canva nih. Sisterformasi juga sudah sharing sedikit seperti apa Canva. Nah, sekarang waktunya Yuhers mencoba Canva.

Mau edit foto atau video, aman di Canva. Yuhers hanya perlu memainkan keyword. Kalau bingung, bisa melihat tutorial yang ada di Youtube. Ada banyak sekali tutorial yang bisa dijadikan wadah belajar. Kalau Sisterformasi bisa, tentu Yuhers juga bisa, dong!



1 komentar