YuHa Informasi

Kenali Manfaat SEO On-page

Berikut adalah beragam manfaat SEO on-page pada blog

manfaat seo on-page pada blog

Sering banget Sisterformasi melihat job loker SEO specialist. Trus, penulis blogger juga membicarakan hal ini. Katanya, menulis harus pakai SEO. Sebenarnya SEO tu apa si?

Nah, kalian pasti juga penasaran kan? Sini, Sisterformasi kasih tau SEO tu apa dan manfaatnya buat tulisan. 

Mungkin Yuhers ada yang berprofesi sebagai penulis. Atau, baru saja melamar pekerjaan sebagai penulis konten. Ah, pokoknya penulis lah ya....

Jadi, dalam menulis artikel untuk kebutuhan website atau yang nulis buat isi blog-nya nih, SEO musti diterapkan. Fungsi SEO ini, singkatnya, nantinya akan mempermudah penulis mendapatkanya pembaca. Lho, iya?

Jadi, SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Kalau artinya dalam bahasa Indonesia adalah Optimisasi Mesin Pencari. 

SEO terdiri dari SEO on-page dan SEO off-page. Untuk SEO on-page, berkaitan dengan internal. Sedangkan SEO off-page, berkaitan dengan external. Namun, pada tulisan kali ini, Sisterformasi akan memberitahu Yuhers manfaat dari SEO on-page

Jadi, maksud SEO on-page adalah penulis menulis dengan kualitas tulisan terbaik. Yaitu, dengan salah satunya dengan memasang kata kunci yang pas atau dengan menerapkan tips penggunaan SEO on-page.

daftar manfaat seo on-page

Hadir di Halaman Pertama

Penulis blog pasti menginginkan tulisannya ditemukan dan dibaca oleh pembaca. Nah, kalau seseorang mencari informasi di internet atau Google, tak jarang hanya membaca sumber yang hadir di halaman pertama pencarian. 

Agar tulisan Yuhers hadir di halaman pertama pencarian, harus menggunakan SEO on-page. Apalagi jika sedang menjalani bisnis dan menggunakan website, ini sangat membantu agar pencari langsung menemukannya dalam sekali klik. 

Kan sayang, kalau kita sudah capek nulis, tapi hadirnya di halaman-halaman belakang. Boro-boro dapat pembaca. Bisa-bisa hanya jadi rumah hantu. Hih, serem!

Google Kenal Kamu

Pakai SEO on-page, penulis pasti akan berusaha menghasilkan tulisan terbaik sehingga Google tau nih, bahwa layak untuk diletakkan di halaman pertama pencarian. Google merasa tulisan tersebut memiliki kualitas yang bagus.

Seperti, Sisterformasi menulis tentang salah satu pantai yang sering dijadikan objek wisata. Nah, Sisterformasi harus menulis dengan menyajikan informasi alasan pantai itu dijadikan objek wisata. Atau, apa saja asalan yang menjadikan pantai tersebut dikenal banyak orang. Disertai bumbu-bumbu sesuai kaidah SEO on-page.

Jika tulisan ini dikemas dengan baik sesuai penerapan SEO on-page, nanti Google akan melirik dan mudah jatuh cinta dengannya . Ibarat orang kalau jatuh cinta dengan seseorang, pasti akan menjadikannya sebagai orang spesial. Nah, begitu juga dengan tulisan. 

Makanya, perlu banget memahami dan menerapkan SEO on-page pada tulisan. Biar di-notice oleh Google dan dijadikan number one di hati. Hihi.

Menciptakan Target Pembaca

Kalau sudah menulis dengan kualitas yang baik dan dikenal oleh Google. Selanjutnya, penerapan SEO on-page akan menarik target pembaca. Jadi, Google akan langsung mengarahkan pada pembaca yang memiliki tujuan yang sama dengan tulisan. 

Misalnya, Sisterformasi menulis tentang bagaimana mengelola waktu ala blogger. Nantinya, Google akan mengarahkan pembaca yang sedang mencari tips kelola waktu sebagai blogger. Jadi, benar-benar target pembaca yang membutuhkan solusi dari tulisan yang disajikan.

Tulisan Menarik 

Kalau sudah menulis dengan tulisan yang berkualitas dengan menerapkan SEO on-page. Maka selanjutnya tulisan Yuhers pasti menjadi menarik. 

Bagaimana tidak? Tulisan yang dikemas dengan memenuhi standar SEO on-page, pasti harus menentukan kata kunci dan penerapan lainnya agar memenuhi standar. Tidak sembarangan menulis. Segala sesuatu yang disusun dengan baik, pasti akan menghasilkan yang baik pula.

Begitu juga dengan tulisan. Akan tersajikan dengan rapi, tidak membosankan jika dibaca, dan menarik tentunya. Bikin pembaca betah menikmati hasil sajian dari penulis. Wah, harus belajar SEO on-page nih!

Pembaca Betah 

Ini menurut pandangan Sisterformasi. Jika tulisan menarik, berarti kualitasnya juga bagus. Jika kualitas bagus, maka sudah bisa dipastikan akan membuat pembaca betah membaca. Kenapa? Karena penulis mampu menyajikan informasi dengan efektif dan efisien. Penulis mampu melibatkan pembaca seakan sedang berdikusi dengannya.

Kalau sudah begini, maka tulisan akan gampang naik traffic-nya dan memungkinkan muncul di halaman pertama pencarian Google. Setiap pembaca baru yang ingin mencari informasi terkait, Google juga akan menyarankannya lebih dulu. Hal ini juga karena Google secara tidak langsung mencatat track record baik berdasarkan pembaca sebelumnya. 

Blog Jadi Lebih Pede

Kalau sudah menghadirkan tulisan berkualitas baik sesuai SEO on-page, pasti akan memperindah blog secara tidak langsung. Tulisan yang baik akan meningkatkan percaya diri si blog itu sendiri. 

Ya, tentu, desain template yang menarik akan membuat pembaca betah melihat blog. Namun, jika tulisannya asal nulis? Apakah akan membuat pembaca betah dan kembali? Hmm, sepertinya tidak ya....

Menciptakan tulisan agar pembaca betah berada di rumah atau blog yang sudah didesain dengan sangat baik. Dengan dijamu makanan dan minuman yang nikmat, yaitu tulisan yang berkualitas, bisa dipastikan blog tidak akan sepi dari pengunjung. Jadi senang ya kalau pengunjungnya rame! 

Banjir Promosi

Sumber cuaaan! Yups, siapa bilang ngeblog tidak bisa jadi sumber cuan? Justru suangat bisa sekaliiii. 

Dari hasil ngeblog, jika tulisan kamu bagus dan menerapkan SEO on-page, bisa dilirik tuh sama brand-brand. Mungkin kamu bisa diajak kerjasama untuk promosi produk. Wah menarik!

Makanya, cus dari sekarang belajar SEO on-page. Boleh pelan-pelan dulu. Kalau langsung gedubrak kan ya mumet juga lah ya. Sesuaikan dengan kemampuan dan kondisi masing-masing.


Jadi, itulah manfaat SEO on-page kalau Yuhers mau nerapin dalam penulisan blog. Manfaatnya ga kaleng-kaleng. Rugi banget kalau tidak diterapkan. Sisterformasi juga masih belajar, pelan-pelan. Kalau Yuhers ada bingung, duh mulai dari mana ya? Mungkin bisa baca di tips SEO on-page


6 komentar

  1. Yuhers satu ini juga ingin jadi penulis lho:) mau banget manfaat SEO nya kak

    BalasHapus
  2. Berapi api ketika baca point "banjir promosi". Duuh terasa menggodaaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh, sama lagi, wkwkw. Banjir promosi, banjir cuan :D

      Hapus
  3. Ngeblog bisa jd sumber cuan,, cocok jd usaha sampingan IRT nih..😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuuu, bener banget. Sambil momong anak, cuan terus mengaliiirrr

      Hapus