YuHa Informasi

Makanan Tinggi Kalsium?

Daftar makanan tinggi kalsium beserta penjelasan singkat.

Kenali Makanan Tinggi Kalsium

Halo, Yuhers! Wah, kali ini Sisteformasi mau ngomongin yang sehat-sehat nih. Kira-kira apa ya????

Tentu, kalau bicara soal gizi, kalsium pasti juga termasuk yang dibahas. Untuk makanan atau minuman yang mangandung kalsium juga bisa kita dapatkan dari mana saja. Dan, biasanya, susu menjadi solusi ini. Sebenarnya ada yang lain juga lho! Sisterformasi mau ngasih tahu daftar makanan yang mengandung kalsium tinggi, selain susu.


Apa Saja Makanan Tinggi Kalsium

Ikan Sarden

Yang berenang-berendang di air, sini merapat! Ternyata lo tinggi kalsium.

Ikan sarden adalah salah satu ikan yang tinggi kalsium. Walaupun sering dikalengin, ternyata dia sangat berguna bagi tubuh kita.

Kandungan kalsium pada ikan sarden, dominan terletak pada tulangnya. So, kalau kalian makan, tulangnya jangan dibuang ya. Kan mau dapat kalsium tingginya juga. 

Walaupun sudah dikemas dalam bentuk kalengan, ikan sarden tetap masih memiliki kalsium tinggi. Untuk sekitar 100 gram sarden kaleng, sudah bisa memenuhi sekitar 35% asupan kalsium bagi tubuh per harinya. Wah, lumayan juga ya! Sudah tinggi kalsium, bisa dibawa berkemah lagi. 

Jadi, kalau kalian pencinta ikan sarden yang fresh atau kalengan, selamat. Secara tidak langsung, kalian memberikan tubuh kandungan kalsium yang baik. 

Ikan Teri

Selain ikan sarden, juga ada si mungil yang bisa memberi kandungan kalsium. Mungil-mungil bermanfaat yaaa.

Ikan teri adalah salah satu ikan yang mengandung kalsium tinggi. Jadi, kalau kalian pecinta ikan teri atau balado teri Medan, wah pas banget. Sambil menikmati, ternyata tubuh sudah diberi kalsium juga melalui ikan teri. 

Brokoli

Dari per-ikanan, kita beralih ke sayur-mayur. Siapa yang tidak mengenal brokoli? Tentu dong. Ini kan sering dan mudah ditemukan di pasar kalau berbelanja. Biasanya dibikin sop atau ditumis dengan tahu dan telur puyuh. Duh, Sisterformasi jadi ngiler nih!

Siapa sangka, di tanaman hijau ini ternyata mengandung kalsium yang tinggi. Untuk brokoli mentah, mengandung sekitar 112 miligram per 120 gram penyajian. 

Fyi, selain kalsium, brokoli juga mengandung vitamin C dan protein. Jadi, kalau yang doyan brokoli, sudah bisa dipastikan, kandungan lain juga masuk ke tubuh. Wah, sehat bangetttt!!!

Okra

Siapa yang suka okra! Sayuran ini biasanya dijadikan sebagai salah satu pilihan untuk yang mau hidup sehat. Atau, kalau mau bikin masakan seperti asam manis, bisa dijadikan sebagai pengganti tepung maizena.

Okra bisa dikonsumsi dalam bentuk mentah. Untuk penyajian dalam 120 gram, okra mengandung 77 miligram kalsium. Tapi ini takaran dalam bentuk mentah ya. 

Selain kalsium, okra juga mengandung protein dan vitamin A serta C. Si tanaman berlendir ini ternyata kaya akan manfaatnya ya.

Bok Coy

Wah, sayuran hijau ini emang paling enak kalau ditumis. Kalau ala-ala Tiktok nih, pakai bawang putih juga. Duh, mau beli bok coy jadinya.

Ada yang menyebutnya pakcoy juga. Jadi, kalau Yuhers beli di pasar, bisa bilang salah satu ya. Khawatirnya pedangan bingung, itu sayur apaan.

Bok coy atau pakcoy, selain memiliki vitamin K, juga tinggi akan kalsium. Kalau Yuhers mau mendapatkan kandungan kalsium maksimal dari bok coy, Sisterformasi sarankan konsumsi dalam bentuk mentahnya. 

Hal ini karena kandungan pada bok coy mentah, menurut cdr.co.id, terdapat 20 miligram pada 50 gram penyajian dalam bentuk mentah. Oleh karena itu, kalau mau mendapat manfaat yang lebih baik dari bok coy, konsumsi dalam bentuk mentah saja ya. Jika pun tidak suka, seperti Sisterformasi, boleh yang sudah dimasak. Namun, pasti kandungan gizinya sudah berkurang.

Buah Jeruk

Jeruk biasanya kita kenal dengan buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Kalau circle Sisterformasi, selalu menyarankan konsumsi jeruk jika sedang panas dalam atau sariawan. 

Akan tetapi, buah oren ini juga kaya akan kalsium lho. Bisa dikatakan, ada 60 miligram kalsium dalam penyajian 150 gram. Kalau Yuhers suka jeruk, macem Sisterformasi ni, wah, selamat. Sudah berhasil memasukkan sekalian kandungan kalsium ke dalam tubuh. 

Kacang Almond

Tak jarang kita menjumpai hasil perah kacang almond, atau susu almond banyak terjual di pasaran. Banyak juga yang menyarankan ini sebagai pengganti susu. Kira-kira kenapa ya?

Ternyata, kacang almond kaya akan kalsium. Bagi yang tidak bisa minum susu sapi atau kambing, bisa menjadikan ini sebagai alternatif. Selain dalam bentuk susu, kacang almond juga bisa dikonsumsi langsung sebagai cemilan. 

Jika dalam penyajian, kandungan kacang almond bisa 75 miligram pada setiap 30 gram. Lumayan untuk menambah kalsium pada tubuh kita. 

Kacang Merah

Kacang merah nikmat banget kalau sudah dijadikan selai untuk isian roti. Ada yang pernah coba?

Kacang merah, seperti kacang almond, juga kayak akan kandungan kalsium. Dalam penyajian 80 gram, terdapat 93 miligram kandungan kalsium. 

Kalau pecinta roti isi kacang merah, cocok banget karena sekalian bisa mengisi kalsium dalam tubuh.

Tahu

Wah, wah, kalau tahu, enaknya tahu goreng ga sih? Apalagi tahu isi, kemudian dimakan pakai cabe rawit. Hadeh, sedapnyaa... Ditambah, dinikmati saat musim hujan. Dingin-dingin, konsumsi tahu goreng isi, rasanya dunia ini milik sendiri. Hihi.

Tahu, atau hasil olahan kacang kedelai ini, ternyata terdapat kandungan kalsium. Cocok buat kamu pecinta tahu. Juga, kalau yang sedang on diet bisa menjadi pengganti daging. Hal ini karena tahu juga kaya akan protein karena ada kandungan kacang kedelai.


Beberapa makanan di atas adalah sebagian dari daftar makanan yang mengandung kalsium tinggi. Ada banyak yang bisa Yuhers jadikan pengganti makanan selain yang Sisterformasi sebutkan di atas. Kalau Sisterformasi cantumkan disini, tidak akan cukup, hihi. Semoga bermanfaat ya Yuhers!


Referensi:

https://www.alodokter.com/daftar-makanan-berkalsium-tinggi

https://www.cdr.co.id/kesehatan-tulang/9-sumber-makanan-tinggi-kalsium-untuk-tulang

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/makanan-yang-mengandung-kalsium/

5 komentar

  1. ini nutrisi yang puenting diasup oleh para perempuan ya sist!

    BalasHapus
  2. Terimakasih kak, bagus untuk rekomendasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuuu sama-sama mbaa
      Semoga bermanfaat ya info dari Sisterformasi, hihi

      Hapus
  3. Ikan teri sih paling disenengin anak di rumah, karena yang garing dan gurih..

    BalasHapus